Belajar Memahami MACD (Moving Average Convergence Divergence)

Written By Master on Minggu, 19 September 2010 | 04.12

Para trader forex online yang menggunakan analisa teknikal umumnya sudah tak asing lagi dengan indikator yang bernama MACD (Moving Average Convergence Divergence). MACD adalah akronim untuk Moving Average Convergence Divergence. Tool ini digunakan untuk mengetahui perbedaan jarak antara harga terhadap MAnya. Bahkan ada yang menganggap tool ini berfungsi juga untuk mengidentifikasi moving average yang mengindikasikan terjadinya sebuah trend baru, apakah itu bullish atau bearish.

macd

Dengan chart MACD, Anda akan selalu melihat tiga angka yang digunakan untuk settingannya.

  • Angka pertama adalah periode yang digunakan untuk mengkalkulasi moving average yang lebih cepat.
  • Angka kedua adalah periode yang digunakan untuk moving average yang lebih lambat.
  • Dan angka ketiga adalah jumlah bar yang digunakan untuk mengkalkulasi perbedaan antara moving average yang lebih cepat dengan moving average yang lebih lambat.

Sebagai contoh, jika Anda melihat parameter MACD “12,26,9? (yang merupakan settingan default dari kebanyakan paket charting), maka Anda akan menerjemahkannya seperti ini:

  • Angka 12 mewakili 12 bar sebelumnya dari moving average yang lebih cepat.
  • Angka 26 mewakili 26 bar sebelumnya dari moving average yang lebih lambat.
  • Angka 9 mewakili 9 bar sebelumnya dari perbedaan antara kedua moving average tersebut. Hal ini diplot dengan menggunakan garis vertikal yang disebut histogram (garis biru pada chart di atas).

Ada kesalahpahaman yang sering terjadi mengenai garis dari MACD. Dua garis yang digambar bukanlah moving average dari harga. Kedua garis tersebut merupakan moving averages dari PERBEDAAN antara kedua moving averages.

Pada contoh di atas, moving average yang lebih cepat adalah moving average dari perbedaan antara moving averages periode 12 dan 26. Moving average yang lebih lambat memplot rataan dari garis MACD sebelumnya. Sekali lagi, dari contoh di atas, moving average dengan periode 9 adalah moving average yang sebenarnya.

Artinya, kita mengambil rataan dari periode 9 terakhir dari garis MACD tercepat, dan memplotnya pada moving average yang lebih lambat. Dengan begitu akan tercipta garis yang lebih mulus yang memberikan kita garis yang lebih akurat.

Histogram memplot perbedaan antara moving average cepat dan moving average lambat. Jika Anda lihat pada chart yang original, Anda dapat lihat histogram menjadi lebih besar ketika dua moving average dipisahkan. Hal ini disebut divergence, karena moving average yang lebih cepat disebut “diverging (menyimpang)” atau bergerak menjauh dari moving average yang lebih lambat.

Ketika moving averages saling mendekat, histogram menjadi lebih kecil. Hal ini disebut convergence karena moving average yang lebih cepat disebut “converging (memusat)” atau bergerak mendekati moving average yang lebih lambat. Maka dari itu didapatkanlah nama Moving Average Convergence Divergence!!!

MACD Crossover

Karena ada dua moving averages dengan “speeds” yang berbeda, yang lebih cepat pastinya akan lebih cepat bereaksi terhadap pergerakan harga ketimbang yang lebih lambat. Ketika trend baru terjadi, garis yang cepat akan berekasi lebih dulu dan akhirnya “melewati (crossover)” garis yang lambat. Ketika crossover ini terjadi, dan garis yang lebih cepat mulai “diverge” atau bergerak menjauh dari garis yang lebih lambat, biasanya hal ini mengindikasikan sebuah trend baru sedang terbentuk.

moving average convergence divergence

Dari chart di atas, Anda dapat lihat bahwa garis cepat bergerak ke bawah melewati garis lambat dan mengidentifikasi sebuah trend turun baru. Perhatikan ketika garis dilewati, sementara histogram hilang. Hal ini terjadi karena perbedaan antara garis pada saat itu adalah 0. Ketika downtrend dimulai dan garis cepat menyimpang dari garis lambat, histogram menjadi besar, yang merupakan indikasi bagus dari sebuah trend yang kuat.

MACD adalah indikator yang berdasarkan rataan dari harga-harga sebelumnya. MACD mewakili moving averages dari moving averages lainnya dan dimuluskan oleh moving average lainnya. MACD masih merupakan tool yang disukai oleh banyak trader.